Laman

Rabu, 16 April 2014

Air Leri Alias Air Beras

Kuliah Pagi permintaan Syahrir Alil mengenai Air Leri/Air Cucian Beras
Selain itu kulit ari juga mengandung vitamin, mineral, dan fitonutrien yang tinggi. Vitamin sangat berperan dalam proses pembentukan hormon dan berfungsi sebagai koenzim (komponen non-protein untuk mengaktifkan enzim).
Kandungan nutrisi yang ada pada air cucian beras di antaranya adalah karbohidrat berupa pati (85-90 persen), protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula dan vitamin yang tinggi. Selain itu, formulasi air cucian beras merupakan media alternatif pembawa P. fluorescens yang berperan dalam pengendalian patogen penyebab penyakit karat dan pemicu pertumbuhan tanaman (Yayu, 2011).
Bakteri Pseudomonas fluorescens adalah Bakteri P. fluorescens yang mampu mengklon dan beradaptasi dengan baik pada akar tanaman serta mampu untuk mensintesis metabolit yang mampu menghambat pertumbuhan dan aktivitas patogen atau memicu ketahanan sistemik dari tanaman terhadap penyakit tanaman.
Kandungan Air Bekas Cucian Beras Kandungan nutrisi inilah yang kemudian apabila air bekas cucian beras tersebut digunakan untuk menyiram tanaman, dapat berfungsi sebagai pupuk. Kandungan posfornya bisa memacu pertumbuhan akar , dan kandungan zat besinya bisa membantu pembentukan klorofil tanaman atau tumbuhan tersebut,sehingga tanaman kita menjadi lebih subur . Dengan demikian bisa dikatakan bahwa air leri bisa digunakan sebagai pupuk.
Kandungan air cuciab beras
"Air cucian beras memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, dapat berfungsi sebagai
pengendali organisme pengganggu tanaman yang ramah lingkungan serta banyak
dijumpai di lingkungan sekitar,"
kandungannya meliputi:
80% vitamin B1,
70% vitamin B3 ,
90% vitamin B6,
50% mangan (Mn),
50% fosfor (P),
60% zat besi (Fe),
100% serat,
asam lemak esensial
Air Leri sebagai pestisida
Kata ‪#‎Om‬ Agus Basuki dicoba air cucian beras 1ltr, air kelapa 0,5ltr, gula merah 150gram, masukkan botol dan tutup rapat, setiap hari tutup dikendorkan, hari keempat bisa disemprotkan ke ulat tanpa campuran lg, 2-3hr kemudian si ulat biasanya akan mati. air cucian beras mengandung bacillus thringiensis sbg agen hayati musuh ulat.
Pak Husin Onk, Manajer PPA Darul Qur'an, pernah menyiramkan pada pohon jambu yang kena hama ulat.... wal hasilnya rontok ulatnya....

1 komentar: