Laman

Jumat, 19 Desember 2014

Budidaya Maggot (Belatung)

Hadiah bagi Kang Faruq Fakhruddin Klinik Bekam yang miladnya beberapa hari yang lalu.... Kuliah Mengenai
Budidaya Maggot (Belatung)2 fungsional sebagai pakan dan fertilizer (POC)
Ikan dan unggas kenyang, POCnya buat tanaman tumbuh menyakinan
Pengalaman saat membina petani di beberapa tempat pernah mengeluhkan pembuatanPupuk Organik Cair (POC)terdapat belatung. Mereka bertanya dengan mungkin sama dengan pertanyaan anda semua yakni apakah jadi POC saya? Jawaban yang pasti tetap jadi. Belatungnya apa dibuang saja, atau dibagaimanakan? Jangan dijadikan pakan untuk ikan dan unggas aja. Ternyata perkembangannya pada unggas dan ikan sangat bagus sekali.
Maggot atau belatung kaya nutrisi, kandungan protein maggot mencapai 40%-46%. Kadar ini lebih tinggi ketimbang nilai protein pelet buatan, sekitar 20 - 25% .Protein penting bagi kelangsungan hidup unggas dan ikan, terutama untuk pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Mari kita lihat asam amino yang dikandung oleh maggot melalui Analisa Proksimat per 100 gram protein yang memang dibutuhkan oleh ikan.Methionine 0.83 gram, l-ys'ne 2.21 gram, Isoleudne 1.51 gram, Hlstidlne 0.96 gram, Leucme 2.61 gram, Phenylalanie 1.49 gram, valine 1.77 gram, l-AI'8'mne 1.77 gram, Threonine 1 .41 gram, dan Tryptophan 0.59 gram.
Pada dasarnya Maggot (belatung) memang dapat di budidayakan dari berbagai bahan, akan tetapi masing2 bahan tentunya memiliki berbagai kekurangan dan kelebihannya masing2. Antara lain:
1. Ampas tahu dengan talas/pepaya/tepung ikan/dsb
2. Dedak yang dirangsang dengan ikan runcah
3. Kotoran sapi dicampur dengan air cucian udang
4. Ayam Tiren dan berbagai bangkai dari sisa makanan/konsumsi hewan
5. Bungkil kelapa dan kelapa sawit plus ikan asin.
Yang banyak direkomendasikan menggunakan ampas tahu karena protein (23,55 persen), lemak (5,54 persen), karbohidrat (26,92 persen), abu (17,03 persen), serat kasar (16,53 persen), dan air (10,43 persen). Berdasarkan penelitian Pembiakan paling efektif jika ditambahkan 20 persen ikan asin dari berat ampas tahu., hal itu mengindikasikan bahwa lalat membutuhkan perbandingan ampas tahu dan ikan asin atau rucah dengan komposisi perbandingan tertentu secara tepat. Sebagian lagi ampas tahu dengan pepaya proteinnya bisa mencapai 44 %. Penelitian Purnama dekan Fakultas Sains dan Teknik Universitas Jenderal Soedirman di Purwokerto, Jawa Tengah menunjukkan maggot efektif bila diberikan bersama tepung ikan dengan perbandingan 1:1. Di sini laju pertumbuhan lele bakal melambung hingga 2,9% per hari. Bila hanya maggot percepatan tumbuh 2,5% per hari; tepung ikan tunggal 2% per hari. Sedangkan pada ayam kerena kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi itu menjadi pendongkrak pertumbuhan ayam dan efek yang tampak ayam menjadi semakin tinggi nafsu makannya.
Langkah – Langkah Budidaya Magot/Belatung
Bahan :
1. Ember/drum atau wadah yang lain
2. Ampas tahu / kedelai 60 kg
3. Bubuk ikan asin 10 kg
4. Kotoran ayam 30 kg
Cara pembuatan :
1. Masukkan ampas tahu sebagai bahan utama kedalam ember, lalu tambahkan air bersih dan aduk hingga rata.
2. Tambahkan ikan asin dan kotoran ayam, lalu tutup permukaannya dengan daun pisang kering agar lalat black soldier fly mau bertelur.
3. Tempatkan ember ditempat teduh dan terlindung dari air hujan
4. Setelah kira-kira 2-3 minggu atau bisa saja kurang dari itu, belatung sudah siap dipanen.
5. Cara pemanenan maggot: campurkan air pada media kultur, lalu saring untuk memisahkan media kultur dari belatung. Belatung siap diberikan sebagai pakan lele. Untuk bahan baku media kultur sebanyak 100 kg kira-kira akan dihasilkan belatung 60 -70 kg.
Perhatikan, jangan menyimpan belatung segar terlalu lama karena bisa berubah menjadi lalat. Yang banyak di rekomendasikan lalatnya adalah larva lalat Hermetia illucens atau black soldier. Sedangkan untuk pertanian padi palawija telah kami bahas pada ampas tahu silakan disearch aja.... he... he... semoga bermanfaat...
Suka ·  · 

8 komentar:

  1. Selamat pagi kang,
    Saya bermaksud untuk membudidayakan maggot di daerah Bandung.
    Apakah akang tau dimana bisa didadapat bibit berupa telur lalatnya?
    terimakasih sebelumnya kang.

    BalasHapus
  2. Selamat siang. Saya mau beli lalat Black soldier untuk dikirim ke daerah Kediri jawa timur bisa pak? Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Selamat Pagi,
    Saya mau beli maggot berapa harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk daerah mana??
      Suami saya jual maggot per ton

      Hapus
    2. Domisili pekanbaru riau
      085271513011 putra (suami saya) :-)

      Hapus
    3. Berapa harga per tonnya

      Hapus
  4. fermentasi ...tapi lubang atas nya ngga di tutup rapat kan kang...

    BalasHapus
  5. Manstaps! Terimakasih infonya...

    Tapi, ada hal yang ingin saya tanyakan. Soal pakan maggot: Bagaimana pakan ini diiberikan? Setiap hari atau bagaimana? Atau, seperti tergambar dalam paparan ini: Hanya sekali saja selama satu putaran lalat. Yakni, ketika memberikan media. Artinya, media itu sendiri juga berfungsi sebagai pakan maggot?

    Terimakasih atas penjelasannya.

    Salam,

    BalasHapus