Laman

Rabu, 11 Mei 2016

Serbuk Gergaji

Manfaat serbuk gergaji sebagai media tanam dan juga serbuk kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media tanam yang baik. Media tanam ini yang dibuat dengan menggunakan serbuk kayu biasanya dapat mengoptimalkan penyerapan air dan unsur hara pada tanaman. Dengan meningkatnya penyerapan air dan jga unsur hara oleh tanaman, maka kondisi kesuburan dari tanaman tersebut akan menjadi lebih baik.
Anda dapat menggunakan serbuk gergaji atau srbuk kayu sebagai media tanam dalampolybag ataupun pot kecil, dan bisa juga digunakan sebagai media tanam untuk tanaman yang lebih besar.
Kayu sebagian besar tersusun atas tiga unsur yaitu unsur C, H dan O.Unsur-unsur tersebut berasal dari udara berupa CO2 dan dari tanah berupa H2O. Namun, dalam kayu juga terdapat unsur-unsur lain seperti N, P, K, Ca, Mg, Si, Al dan Na.
Kandungan kimia kayu adalah selulosa ± 60%, lignin ± 28% dan zat lain (termasuk zat gula) ± 12%. Dinding sel tersusun sebagaian besar oleh selulosa(C6H10O5). Lignin adalah suatu campuran zat-zat organik yang terdiri dari zat karbon (C), zat air (H2) dan oksigen (O2). Serbuk gergaji kayu mengandung komponen utama selulosa, hemiselulosa, lignin dan zatekstraktif kayu.
Komponen kimia kayu:
1. Karbon terdiri dari selulosa dan hemiselulosa
2. Ion karbonhidrat terdiri dari lignin kayu
3. Unsur yang diendapkan :
a. Karbon : 50%
b. Hidrogen : 6%
c. Nitrogen : 0,04 - 0,10%
d. Abu : 0,20 – 0,50%
http://www.scribd.com/…/Komponen-dan-sifat-kimia-serbuk-ger…
Kandungan unsur hara abu serbuk gergaji :
CaCO3 : 25 - 45 %
K2O : <10 %
P2O5 : < 1 %
Unsur hara mikro (Fe, Mn, Cu, dll) : <1 %
Mudah-mudahan bermanfaat.
Suka
Komentari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar