Laman

Senin, 30 Juli 2012

Keong Mas alias Keong Murbey

Salah satu hama yang berbahaya bagi petani adalah Keong Mas. Keong dinamakan keong mas karena warna cangkangnya yang kuning keemasan. Keong ini juga sering disebut keong murbey karena telurnya bergerombol merah seperti buah arbey/murbey. Keong ini berbahaya karena memakan batang padi, terutama yang masih muda. Padi yang baru ditanam bisa dihabiskan dalam waktu singkat.
Keong Mas
Keong Mas sedang makan padi yang baru ditanam


Ada beberapa cara untuk membasmi keong mas ini. Cara yang paling mudah adalah dengan menangkapnya dan mengumpukannya. Keong mas bisa digunakan untuk pakan itik atau unggas. Keong mas juga bisa digunakan untuk membuat MOL yang bisa dimanfaatkan oleh petani sendiri. Jadi tidak perlu pakaai moluscusida kimia.

Pestisida Nabati untu Keong Mas


Sebenarnya ada juga pestisida nabati untuk keong mas, meskipun tidak bisa digunakan pada saat serangan hebat dan populasinya banyak. Resep pestisida nabati ini untuk mengendalikan populasi keong mas saja. Pestisida nabati untuk keong mas bisa menggunakan buah pinang. Buah pinang ditumbuk kemudian disebarkan di sekitar pematang yang banyak keong emasnya.


Keong Mas untuk MOL


Keong mas juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan MOL (mikroorganisme lokal) yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman padi. Pertama keong mas harus dikumpulkan terlebih dahulu. Agar keong mas mudah dikumpulkan, keong mas perlu dipancing dulu dengan umpan. Umpan keong mas bisa menggunakan batang pisang atau batang pepaya yang dipotong-potong. Sebarkan batang pepaya ini di pinggir-pinggir sawah, tujuannya adalah agar mudah untuk mengambil keong mas-nya. Tak perlu waktu yang lama, sore hari atau pagi harinya keong mas sudah berkumpul di batang pepaya ini. Kita tinggal mengambilnya saja.
Keogn Mas
Keong Mas yang berkumpul di batang pepaya
Keong mas dikumpulkan dengan ember. Setelah itu bisa kita manfaatkan untuk pembuatan MOL. Caranya adalah sebagai berikut:
Keong Mas
Keong Mas siap digunakan untuk pembuatan MOL
Bahan:
  1. 1 kg keong mas
  2. 1/4 kg gula jawa, bisa juga menggunakan molases jika ada atau buah satu buah maja.
  3. Air kelapa dua butir
Untuk pembuatan yang lebih banyak, tinggal dikalikan saja resep ini sesuai kebutuhan.
Cara Pembuatan:
  1. Keong mas ditumbuk sampai halus.
  2. Tambahkan gula jawa hingga tercampur merata.
  3. Masukkan ke dalam ember atau drum, tambahkan air kelapa dan aduk sampai merata.
  4. Tutup rapat ember dengan plastik.
  5. Untuk aerasi gunakan selang plastik. Ujung luar selang plastik dicelupkan ke air di dalam botol yang telah diberi cairan pemutih. Fungsi dari cairan pemutih ini adalah untuk menghindari kontaminasi dari luar.
  6. Larutan ini dibiarkan selama kurang lebih 1-2 minggu.
Pemakaian:
Mol Keong mas bisa digunakan untuk penyemprotan tanaman atau digunakan untuk pembuatan kompos. Cara aplikasinya sama seperti mol-mol yang lain.
Untuk penyemprotan ke tanaman:
  1. 14 liter air ditambahkan dengan 1/2 liter mol.
  2. Aduk hingga tercampur merata.
  3. Semprotkan pada tanaman pada pagi atau sore hari.
  4. Penyemprotan diulang setiap 2 minggu sekali.
Untuk pembuatan kompos:
  1. Mol dilarutkan sebanyak 5 x, jadi 1 liter Mol ditambah dengan 4 liter air hingga volumenya 5 liter.
  2. Tambahkan gula kurang lebih 100 gr atau 1 ons dan diaduk sampai tercampur merata.
  3. Siramkan larutan mol ini untuk pembuatan kompos. (Isroi.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar