Laman

Jumat, 11 Mei 2012


Kelompok Lapang Usaha Peternak Domba

Nama Usaha                : Kelompok Lapang
Pengurus Usaha          : Agus
Bidang Usaha             : Peternak
Komoditas Utama       : Domba
Luas Usaha                 : 5 m x 2,5 m per kandang sebanyak 23 kandang (1 kandang per anggota)
Lokasi Usaha              : Desa Gekbrong Kecamatan Gekbrong
Kapasitas Produksi     : 46  ekor (2 ekor/anggota)
Pangsa Pasar               : Gekbrong, Kota Cianjur dan Kabupaten Sukabumi.
Jumlah Anggota          : 23 orang anggota



Kelompok Lapang adalah salah satu kelompok tani pencilan yang beralamat di Kp. Lapang Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur. Jumlah Kepala Keluarga (KK) yang berada di Kampung Lapang sebanyak kurang lebih 90 KK. Kampung tersebut terletak di belakang pabrik Aqua. Hampir 100 % petani yang bermukim di sana tergolong miskin, dimana pendapatannya kurang dari 200.000-300.000 perbulan. Tanah yang mereka tinggal merupakan sewaan yang dibayar setiap tahunnya sebesar 700.000 ribu rupiah. Rata-rata pekerjaan masyarakat di kampung lapang merupakan petani penggarap (peasant) dan buruh pabrik. Hampir 100 % rumahnya bilik dan panggung.
Akan tetapi dalam kemiskinannya terdapat setitik pengharapan dari keahlian para petani dalam mengurusi ternak, terutama dalam peternakan domba. Keahlian mereka terbukti saat diamanahi beberapa domba dari CRS PT. Tirta Investama sekarang berkembang dan bisa berbagi sesama warga untuk saling meningkatkan kesejahteraannya. Salah satu kunci yang keberhasilan disana pak agus mengungkapkan bahwa adanya rapat serta musyawarah. Selain itu, keterbukaan pemimpin pada anggota serta kepercayaan ketua pada anggotanya yang menjadikan kelompok usaha domba ini berkembang.
            Saat ini, kelompok usaha tani Kampung Lapang memiliki peternakan (kandang) dengan luas rata-rata 5 m x 2,5 m sebanyak 23 kandang. Dengan luas peternakan sebesar ini, kelompok Kp. Lapang mampu mengelola 46 ekor ternak dalam satu periode ternak. Ternak tersebut dikelola dengan pembagian 2 ekor untuk masing-masing anggota.
Kelompok ini dipimpin oleh Agus dan sampai saat ini telah memiliki anggota sebanyak 23 orang. Sementara komoditas unggulan dari produksinya adalah ternak domba. Ternak domba yang dihasilkan dipasarkan di pasar lokal Kabupaten sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Kelompok yang dipimpin oleh pak Agus telah berhasil mengembangkan bantuan CSR yang dulunya 15 ekor terdiri dari 13 betina dan dua jantan. Sekarang menghasilkan 30 anakan dalam jangka 6 bulan. Selain itu, domba yang diberikan berkelas B menjadi kelas Super.



1 komentar:

  1. permisi ya gan
    okeyprofits
    saya sudah coba dan rasakan keuntungannya
    sekarang giliran anda untuk merasakan dan menikmati keuntungannya
    modal 100 rb kita bisa untung jutaan rupiah hanya dalam 1 minggu.
    deposit 10 USD untung 1,5% perhari
    deposit 100 USD untung 2% perhari
    dan kita dapat bonus 5% untuk seiap member baru yg kita rekrut
    daftar dari url sya
    http://www.okeyprofits.com/register.php?ref=mhdadi27
    atau hubungi 087892336472 / 082166643133

    BalasHapus