Laman

Kamis, 20 Maret 2014

ampas teh dan ampas kopi

Kuliah Malam Permintaan Pak Inall mengenai Teh
Daun teh juga mengandung karbohidrat, dari gula sederhana hingga yang kompleks. Karbohidrat yang penting diantaranya sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Keseluruhan karbohidrat yang dikandung teh adalah 0,75% dari berat kering daun.
Asam amino yang banyak berpengaruh dalam hal ini adalah alanin, fenil alanin, valin, leusin, dan isoleusin. Seluruh kandungan protein dan asam amino bebas adalah 1,4-5% dari berat kering daun. vitamin, yaitu vitamin C, K, A, B1, dan B2. unsur mikronya Magnesium, Kalium, Flour, Natrium, Kalsium, Seng, Mangan, Cuprum, Trace Mineral (selenium)
ampas teh ternyata dapat bermanfaat bagi tanaman, yaitu dapat memperbaiki kesuburan tanah, merangsang pertumbuhan akar, batang dan daun, limbah rumah tangga ini dapat digunakan langsung tanpa harus diolah lagi.Ampas teh ini lebih praktis dibandingkan penggunaan kompos.Kandungan yang terdapat diampas teh selain polyphonel juga terdapat sejumlah vitamin B kompleks kira-kira 10 kali lipat sereal dan sayuran.Ampas teh ini biasanya diberikan pada semua jenis tanaman. Misalnya, tanaman sayuran, tanaman hias, maupun pada tanaman obat-obatan, hal ini dikarenakan bahwa ampas teh tersebut mengandung Karbon Organik, Tembaga (Cu) 20%, Magnesium (Mg) 10% dan Kalsium (Ca) 13%, kandungan tersebut dapat membantu pertumbuhan tanaman.Ampas teh mengandung unsure-unsur antioksidan yang sangat ampuh membantu memerangi kerusakan radikal bebas pada sel-sel tanaman.
Bila Anda gemar meminum kopi, jangan buang ampasnya. Ampas kopi kaya kandungan Nitrogen, Fosfor dan Potasium (NPK) yang dibutuhkan tanaman. Demikian yang dirilis oleh soil and plant laboratory inc California amerika serikat. Oleh karenanya tebarkan ampas kopi disekitar perakaran tanaman dan sayuran dipot. Kandungan hara diampas kopi terurai pelan-pelan.
Ampas kopi merupakan pupuk organic yang ekonomis dan ramah lingkungan. Ampas kopi mengandung 2,28% nitrogen, fosfor 0,06% dan 0,6 kalium. pH ampas kopi sedikit asam, berkisar 6,2 pada skala pH. Selain itu, ampas kopi mengandung magnesium, sulfur, dan kalsium yang berguna bagi pertumbuhan tanaman.
Ramuan :
1. Bahan = Air teh basi plus dengan mecin untuk perkembangan daun
2. Bahan = Air Teh Basi plus + air beras + mecin + air rebusan telur + Cankang telur jadi POC untuk vegetatif
3. Bahan = Ampas Kopi + Ampas teh untuk pertumbuhan dan kekuatan batang tanaman....
Limbah teh tersebut digunakan sebagai bahan campuran makanan ternak. Senyawa tanin di dalam ampas teh hitam mampu menghambat metabolisme dan menurunkan jumlah protozoa diikuti penurunan produksi gas metan namun tidak berpengaruh pada kadar protein mikrobia, sehingga dapat meningkatkan produktivitas peternakan.
— bersama Inall.

7 komentar:

  1. apakah tehnya harus tawar ? bagaimana kalau teh manis / pakai gula ?

    BalasHapus
  2. Setiap pagi saya rutin membuang ampas teh ke tanaman anggrek. Hasilnya, anggrek tersebut bertambah subur.

    BalasHapus
  3. kalau kopi membuat ph tanah menjadi asam apa gak justru membunuh tanaman lama lama. sb serahu saya hanya beberapa jenis tanaman saja yang suka dengan ph asam

    BalasHapus
  4. pada beberapa penelitian kopi yg sudah di seduh itu memiliki pH netral. jadi nggak perlu khawatir tentang pHnya

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas ilmu yang telah anda bagikan..

    BalasHapus
  6. Apakah tidak mempengaruhi tanaman jika ampas tehnya sudah kena gula, karena teh manis ?

    BalasHapus
  7. Ampas teh memang bagus untuk merangsang pertumbuhan akar...saya sdh mencoba sendiri...menanam kemangi dari sisa lalapan...hasilnya memuaskan dengan ampas teh.

    BalasHapus