Laman

Selasa, 18 Maret 2014

KULIT PISANG untuk Pupuk

Satu lagi Kuliah Lanjutannya tentang Kulit Pisang

Pupuk
Tidak perlu menggunakan pisang yang masih bagus, bisa dengan pisang yang hampir busuk ambil bagian kulitnya. Untuk pupuk biasa Anda tinggal meletakkan kulit pisang disekitar tanaman Anda, kulit pisang akan diuraikan oleh mikroorganisme tanah dan menyebabkan kesuburan tanah.3. Kulit pisang juga bisa dicampur dengan pupuk lain, dengan cara memotong-motong atau dicincang, berikan pada tanah tanaman Anda. Untuk mempercepatpenguraian kulit pisang, sebaiknya dikubur di dalam tanah. Akar akan cepat menyerap nutrisi kulit pisang jika dikubur di dalam tanah.
Humus
Kulit pisang juga bisa digunakan sebagai humus tanaman, karena teksturnya yang tebal dan lembab. Fungsinya adalah untuk menyimpan air di dalam tanah sebagai persediaan humus. Caranya kulit pisang dimasukkan ke dalam kantong plastik yang dilubangi kecil-kecil. Jika ingin lebih ramah lingkungan bisa menggantu plastik dengan karung goni. Karena tekturnya berlubang-lubang maka tidak perlu lagi membuat lubang. Pemakaian karung goni juga bisa dilakukan berulang kali sehingga tidak menimbulkan sampah.
Kompos
Jika dimanfaatkan sebagai kompos dengan menaruh semua sampah kulit pisang ke dalam pot atau sebuah kantung plastik. Tanam kompos tersebut ke dalam tanah dan tutup kembali dengan tanah. Setelah 2-3 minggu, kompos dari kulit pisang akan mulai terbentuk dari penguraian oleh mikroorganisme. Kompos kulit pisang sangat baik bagi tanaman sebab mengandung banyak nutrisi selain fosfor dan kalium ada juga kalsium, nitrogen dan beberapa mikronutrisi lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar