Laman

Selasa, 18 Maret 2014

Manfaat Pisang ala HIPOCi

Kuliah Khusus kami Majukan... mengenai Pisang
pohon pisang (batang, daun, pelepah, buah, dan bonggol – bisa semua)
Caranya sangat mudah. Cacah pohon pisang menjadi seukuran 10-15 cm, pencacahan tidak harus lembut! tebarkan pada lahan sawah 1 minggu sebelum olah tanam (bajak/traktor). Kebutuhan pohon pisang untuk 1 ha sekitar 10 batang pohon pisang dewasa (jika nemunya pohon pisang kecil tinggal dikonversi saja). Lebih baik sebelum ditebarkan pada lahan bisa dicampur air yang mengandung bioactivator (em4, IMO, atau Rotan) secukupnya.
Semua jenis pohon pisang dapat digunakan sebagai pupuk organik, namun dari pengalaman sahabat tani yang terbaik adalah jenis pisang batu (jawa: kluthuk). Khasiat dari cacahan pohon pisang ini adalah:
1. mendinginkan tanah/lahan.
2. menetralkan racun-racun kimia sintetis dalam tanah yang masih tersimpan.
3. Kaya kandungan unsur hara Ca (kalsium), P (Phospat), K (Kalium), dan nutrisi mikro serta bio-enzim.
4. Mengundang mikroorganisme “baik” – pengurai bahan organik – sahabat petani (lelembut-mahluk halus).
5. mengundang sahabat petani yakni cacing tanah dan belut!
6. meningkatkan bakal bunga berarti buahnya juga...
7. Biokomposer alami
Biasanya para petani yang belum memberikan perlakuan pohon pisang pada lahannya akan heran dan bertanya pada sahabat petani yang sudah menerapkan aplikasi tersebut, mulai dari keheranan kok tanahnya berbeda, lebih gembur, dlsb, ada juga petani yang mengeluh kakinya gatal-gatal pada saat proses tanam, tidak apa-apa itu adalah reaksi positif bahwa mekanisme alam sedang mengeluarkan racun-racun yang ada pada lahan, dan bagi petani yang merasakan gatal, basuh kaki dengan sabun dan bilas dengan air, maka rasa gatal-gatal akan hilang dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar