Laman

Selasa, 18 Maret 2014

Peuyeum Sebagai PUPUK Tanaman

Kuliah Kedua Adalah Membahas Peuyeum alias Tape....
Ragi tape merupakan populasi campuran mikroba yang terdapat beberapa jenis yaitu genus Aspergillus, genus Saccharomises, genus Candida, genus Hansnula, sedang bakterinya adalah Acetobacter. Aspergillus dapat menyederhanakan amilum, sedangkan Saccharomyces, Candida dan Hansnula dapat menurunkan gula menjadi alkohol dan bermacam-macam zat organik lainnya. Acetobacter mengubah alkohol menjadi cuka. Secara fisiologis, ragi mempunyai persamaan yaitu menghasilkan fermen atau enzim-enzim yang dapat mengubah substrat menjadi bahan lain dengan mendapat keuntungan berupa energi. Adapun substrat yang diubah berbeda-beda.

Mari kita segera ke inti bahasan kita, yaitu cara pembuatan mol tape:
1. Gunakan botol air mineral yang 1,5 literan, tutup botolnya gak usah dipasang
2. Masukkan tape sebanyak 1 sendok makan penuh ke dalam botol
3. Masukkan air sumur sebanyak ¾ bagian botol
4. Masukkan gula merah atau gula pasir sebayak 5 sendok makan
5. Kocok-kocok sampai semua larutan tercampur
6. Biarkan semingguan dalam kondisi terbuka, dan mol siap digunakan
7. Ciri-cirinya mol sudah jadi adalah beraroma alcohol dan wangi
8. Kalau ingin memperbanyak mol, cukup dengan membagi isi botol menjadi 2 bagian, lalu masukkan gula 5 sendok makan dan tambahkan air sampai ¾ bagian.
9. Ulangi tahap-tahap di atas untuk memperoleh mol lebih banyak lagi

Mol tape ini bisa digunakan sebagai starter dan pupuk cair. Mol tape sebagai pupuk cair harus diencerkan dulu dengan perbandingan 1 : 20 [1 bagian mol tape dan 20 bagian air sumur]. Cara yang paling gampang agar pupuk cair tidak langsung terkena batang tanaman adalah dengan memasukkan pupuk cair ke botol dengan tutup botol yang sudah dilobangi sebesar sapu lidi. Cara penyirman seperti menuangkan kecap melalui tutup botol yang sudah berlubang. INGAT, jangan sampai terkena batang tanaman. Pemberian pupuk cair dilakukan 3 hari sekali.

(ini pengalaman Petani)

Aplikasi pada tanaman cabe yang pernah aku lakukan membuat tanaman terlihat segar, daun lebih hijau dan bunga tidak banyak yang rontok. Jadi buahnya menjadi lebat daripada sebelumnya.

Pada tanaman cabe, pupuk cair MOL tapai ini dapat menguatkan bunga sehingga buah jadi lebih banyak (sebelum dipupuk pakai MOL tapai, bunga cabe saya gampang rontok sehingga buahnya sedikit). Sekarang tanaman cabe saya berbuah lebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar