Laman

Selasa, 18 Maret 2014

kompos cacing ATAU kASCING

Sahabat.... Para Master.... Kuliah berikutnya Kotoran Cacing/Kompos Cacing/ CASTING... mari kita Diskusi....
Kompos cacing tanah atau casting dari proses ini ternyata mengandung komponen biologis dan komponen khemis. Komponen biologis yang terkandung yaitu bakteri Actinomycetes, jamur dan zat pengatur tumbuh (giberalin, sitokinin dan auksin) adapun komponen kimianya yaitu : pH 6,5-7,4 . Nitrogen 1,1 – 4 %, fosfor 0,3 – 3,5 %, kalium 0,2 – 2,1%, belerang 0,24 – 0,63 %.
  • MartonoIim BerkebunWan Abud dan 16 lainnya menyukai ini.
  • Jio Muji Wah keren iku kang hipoci.....
    Terus bisa dibuat apa bang...?
  • Hipoci Cianjur Kotoran Cacing banyak mengandung unsur hara, bakkan mampu mengikat unsur NPK alam.... Fungsinya adalah sebagai pupuk untuk tanaman....

    Hipoci Cianjur Kascing adalah pengomposan menggunakan cacing.... contoh penelitian terhadap sapi atau kerbou yang sudah dikomposkan kandungannya sebagai berikut :
    Kadar lengas (%) 2mm : 10.286
    Kadar lengas (%) 0,5 mm : 10,1
    C (%) : 39,532
    BO (%) : 68,158
    N total (%) : 1,182
    P total (ppm P) : 456,748
    K total (%) : 1,504
    Ca total (%) : 0,208
    MG total (%) : 0,048
    Zn (ppm) : 174.032
    Fe (%) : 1.174
    Humat (%) : 0,952
    Fulfat (%) :0,626

    Hipoci Cianjur cacing tanah dapat meningkatkan kadar K tersedia 19% dan P tersedia 165%
  • Seritani Klo cacingnya di jus om ?
  • Sodyck Revolusioner tehnik mendapatkan pupuk dr cacing bagaimana kang,...
  • Amri Nursal Gimana cara pengolahannya jika dipakai untuk pengomposan jumlah banyak pak?
  • Hipoci Cianjur obat thipus.... kandungan byk protein sama dengan mol keong emas
  • Hipoci Cianjur kalo yang langsung jadi ambil kotoran cacing lalu bkeringkan dan tumbuk simpan untuk pupuk langsung.... sedangkan untuk kascing
    Bahan yang dipergunakan berupa limbah organic yang berupa sisa sayur-sayuran, daun-daunan, atau kotoran hewan. 
    Bahan organic ini tidak dapat langsung digunakan atau diberikan kepada cacing tetapi harus dikomposkan atau difermentasikan. Yaitu dengan cara dibiarkan selama 1 minggu.
  • Hipoci Cianjur Siap kan Wadah 
    Proses Pengomposan
    1. Limbah organik atau sampah daun atau sayur-sayuran sisa ditumpuk dan dibiarkan agar gas yang dihasilkan hilang. Tumpukan itu disiram air setiap hari dan dibalik minimal 3 hari sekali. Proses ini dilakukan selama 1 minggu.
    2. Setelah sampah tidak panas tempatkan pada wadah yang telah disediakan. Akan lebih baik bila ditambahkan dengan kotoran hewan yang tidak baru dan tidak kadaluwarsa. Pencampuran kotoran hewan ini dimaksudkan agar menambah bahan makanan untuk cacing dan menambah unsur hara bagi pupuk yang dihasilkan. Setiap hari ditambahkan kotoran hewan yang telah diencerkan sebagai makanan tambahan cacing seberat cacing yang dipelihara. Misal cacing 1 kg maka makanan yang ditambahkan juga 1 kg.
    3. Proses pengomposan ini diakhiri setelah bahan menjadi remah dan terdapat butir-butir kecil lonjong yang sebenarnya merupakan kotoran cacing. Hasil kompos ini juga tidak berbau.
    4. Setelah casting jadi, cacing dipisahkan dari casting secara manual yaitu dengan bantuan tangan. Hasil casting dikering anginkan sebelum dikemas.
  • Hipoci Cianjur cara pengomposan ini dapat memberikan keuntungan yaitu dapat mengurangi pencemaran lingkungan, menghasilkan pupuk organic, dan menghasilkan cacing yang menjadi sumber protein hewani bila digunakan sebagai pakan ternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar