Laman

Rabu, 26 Februari 2014

Kegiatan IFS Kp. Nagrak Desa Kebonpetey

Kelompok Nagrak, terdiri atas 2 bidang Kelompok Usaha diantaranya Kelompok Usaha Padi organik/sehat jumlah anggotanya 14 orang, Kelompok Usaha Ternak domba bakalan.

berawal dari pertanian, petani setempat sangat antusias dalam menerapkan pertanian organik. pertanian organik ini ditunjang beberapa usaha diantaranya dari HWT berupa pembibitan dan tenaga kerja, berikutnya dari peternakan domba berupa pupuk kandang yang sudah dikomposkan, dan dari perikanan, air kolam yang sudah jenuh di alirkan ke sawah hasilnya merupakan pupuk yang menyuburkan untuk tanaman yang ada di sawah.
Sebaliknya dari pertanian juga mensuport usaha-usaha seperti pada usaha pertanian berupa modal dan pkan ternak yang melimpah dari palawija. selain itu, mensuport HWT, berupa bibit, dikelompok ini sudah ada seseorang yang bagiannya membuat benih. Dari hasil pertanian kelompok ini sudah ada UKM yang mengolah hasil dari padi dan palawija. salah satu produknya adalah Beras Organik, Kripik Pisang, dan kacang telur. Peranan kelompok usaha peternakan domba, dari kotoran yang dihasilkan berguna untuk menjadi kompos yang digunakan HWT, selain itu juga dipakai sebagai pakan ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar