Laman

Minggu, 04 November 2012


Melihat Kontes Ayam Pelung Hipoci Cup (1)

AYAM PELUNG: Kontes Ayam Pelung di Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Minggu (28/10).(FOTO:SARTANU ARISASMARA/RADAR CIANJUR)
Berinvestasi Sosial Melalui Pembinaan Peternak
PT. Tirta Investama (TIV) Aqua Danone turut melestarikan Plasma Nutfah Indonesia dengan mendukung acara Kontes Ayam Pelung yang diselenggarakan Himpunan Petani Organik Cianjur Indonesia (Hipoci). Namun sebagian masyarakat, kurang mengetahui apa maksud tujuannya diselenggarakanya turnamen tersebut?. Berikut liputanya.
Laporan : SARTANU ARISASMARA, Cianjur
PELAKSANAAN kontes ayam pelung se-Jawa Barat ini memilih lokasi sekitar 10 meter dari pusat perkantoran Pemerintahan Kecamatan Gekbrong, Minggu (28/10). Di sana, sejak pagi banyak orang memadati lapangan tersebut. Mereka merupakan peserta kontes (penghobi) ayam pelung, baik dari Cianjur sendiri maupun luar kota seperti, Sukabumi, Bogor, Depok, Bekasi, Bandung dan daerah lainya. Tercatat, sebanyak 300 peserta dan ayam pelung jagoannya siap adu suara ‘kongkorongok’. Tak ketinggalan warga sekitar Gekbrong hadir untuk menyaksikan jalannya kontes.
Sekitar, pukul 09.00 WIB, acara kontes dimulai. Terlihat, pakaian yang dikenakan peserta, panitia, dan tim juri beraneka ragam, seperti jaket tebal, stelan baju hitam-hitam, topi nyentrik (dudukuy laken,red) dan kaca mata hitam, bak penampilan peserta ketika menjadi peserta adu ketagkasan domba.
Sebagai penyelenggara Pepeng Sutisna (ketua panitia), Eji Kaeji (sekretaris), Idan, Tibi, Kodir, Beni, Asep, dan Ujag S. Hadir juga sebagai sponsorship PT. Tirta Investama (Aqua) Nurul Iman, Firman Hikmawan, pendamping CSR pertanian dan peternakan Jajang Saeful Malik dan Hendrayana. Hadir pula Camat Gekbrong H Muchtar S Hidayat, TNI, Polri dan berbagai elemen masyarakat gekbrong.
Camat Gekbrong H Muchtar S Hidayat bersama unsur muspika menyambut baik kontes yang diselenggarakan pertama kali ini. “Saya mendukung kontes ini. Apalagi ada dukungan juga dari perusahaan Aqua,” ujarnya, di lokasi kegiatan, Minggu (28/10).
Menurut Jajang Saeful Malik, kontes ayam pelung ini diselenggarakan oleh Himpunan Petani Organik Cianjur Indonesia (Hipoci) dengan sebutan ‘Hipoci Cup ke I’. Acara juga bersamaan dengan HUT Kecamatan Gekbrong ke 7. “Setelah perayaan lebaran idul adha, kemudian diselenggarakan acara kontes ayam pelung ini,” tuturnya.
Pihak TIV, diutarakan bagian CSR Aqua, Firman Hikmawan, tujuan utama perusahaan untuk menghasilkan laba yang sebesar-besarnya. Tetapi, perusahaan juga harus memperhatikan aspek lain melalui kegiatan yang melibatkan masyarakat.
“Selain melakukan proses produksi, perusahaan juga dituntut untuk membina hubungan baik dengan masyarakat sekitar. Adapun bagi yang meraih juara kontes, pihak panitia telah menyediakan piala dan hadiahnya,” tuturnya.
Keinginan tulus untuk melakukan kegiatan yang baik yang benar-benar berasal dari visi perusahaan. Sumbangan sosial PT TIV Cianjur banyak bersifat filantropi, yaitu sumbangan yang ditujukan untuk kegiatan investasi sosial atau kegiatan yang diarahkan pada penguatan kemandirian masyarakat.
Program kepedulian sosial perusahaan telah memasuki tahun ketiga. Pelaksanaan terorganisir, intensif sehingga program CSR (Coorporate Social Responsibility) menjadi lebih hidup dan dampak positifnya dirasakan oleh masyarakat.
“Sebagai program investasi sosial yang diharapkan mampu menciptakan kemandirian masyarakat Kecamatan Gekbrong khususnya dan masyarakat Cianjur umumnya. Dalam CSR juga diharapkan peningkatan taraf hidup keluarga petani kearah kesejahteraan. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha tani termasuk beternak Ayam Pelung,” tutur Firman.(**)
Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=34366

Tidak ada komentar:

Posting Komentar