Laman

Jumat, 05 September 2014

Kuliah kali ini, ada beberapa petani yang menanyakan dimana kita temukan bakteri Nitrobacter?

Kuliah kali ini, ada beberapa petani yang menanyakan dimana kita temukan bakteri Nitrobacter?
Nitrobacter
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Bakteri
Filum: Bakteri
Kelas: Alpha Bakteri
Order: Rhizobiales
Keluarga: Bradyrhizobiaceae
Genus: Nitrobacter
Winogradsky 1.892
Jenis
N. alkalicus
N. hamburgensis
N. vulgaris
N. winogradskyi
Nitrobacter adalah genus bakteri sebagian besar berbentuk batang, gram negatif, dan chemoautotrophic
Nitrobacter memainkan peran penting dalam siklus nitrogen dengan mengoksidasi nitrit menjadi nitrat dalam tanah. Tidak seperti tanaman, di mana transfer elektron dalam fotosintesis menyediakan energi untuk fiksasi karbon, Nitrobacter penggunaan energi dari oksidasi ion nitrit, NO2-, menjadi ion nitrat, NO3-untuk memenuhi persyaratan karbon mereka
Nitrobacter memiliki pH optimum antara 7,3 dan 7,5, dan akan mati dalam suhu melebihi 120 ° F (49 ° C) atau di bawah 32 ° F (0 ° C).
Beberapa sumber menganggap Nitrobacteraceae menjadi keluarga dari genus Nitrobacter. Spesies dalam genus Nitrobacter termasuk Nitrobacter winogradskyi, Nitrobacter hamburgensis, vulgaris Nitrobacter dan Nitrobacter alkalicus [2]. Menurut Grundmann, Nitrobacter tampaknya tumbuh optimal pada 38 ° C dan pada pH 7,9, namun Holt menyatakan bahwa Nitrobacter tumbuh optimal pada 28 ° C dan tumbuh dalam rentang pH 5,8 -8,5 dan memiliki optima pH antara 7,6 dan 7,8. [2] [3] Nitrobacter milik subclass α-dari Bakteri
Nitrobacter dapat berupa batang berbentuk, berbentuk buah pir atau pleomorfik. Sel-sel normal berkembang biak dengan tunas (Holt, 1993). Karboksisam yang membantu fiksasi karbon ditemukan dalam sel lithoautotrophically dan mixotrophically tumbuh. Inklusi energi tambahan melestarikan adalah butiran PHB dan polifosfat. Ketika kedua nitrit dan zat organik yang hadir, sel-sel dapat menunjukkan pertumbuhan biphasic, pertama nitrit digunakan dan setelah fase lag, bahan organik yang teroksidasi. Pertumbuhan Chemoorganotrophic lambat dan tidak seimbang sehingga lebih poli-β-hidroksibutirat butiran terlihat yang mendistorsi bentuk dan ukuran sel.
Nitrobacter memainkan peran penting dalam aquaponics. Nitrosomonas bakteri pertama mengkonversi amonia menjadi nitrit. Nitrobacter mengubah nitrit menjadi nitrat, yang mudah diserap oleh tanaman.
makanya fungsinya nitrobacteri adalah
Dalam bidang Perikanan, bakteri ini dapat menurunkan kandungan amoniak dalam air kolam. Amoniak yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ikan atau udang mati. Selain itu dapat juga digunakan untuk menghilangkan bau amis dari kolam ikan.
Dalam bidang Pertanian, bakteri ini dapat digunakan untuk enggemburkan tanah yang keras sekalipun sehingga lahan rusak kritis pun bisa ditanami kembali dan menjadi produktif.
Bakteri ini biasanya ditemukan di akar tanaman kacang-kacangan, akar jagung, akar putri malu, akar pisang (bonggol), akar kipahit, bandotan, dan kirinyuh... dimana terjadi simbiosis mutualisme antara bakteri ini dengan kacang. sedangkan yang lainnya bisa ditemukan sampel tanah yang berada di sekitar kandang ternak (sapi, kerbau, kambing, dan ayam). yang lain ada yang mengungkapkan dalam tanaman air seperti kayambang, hydrilia, kangkung, eceng gondok juga ada.... ada juga dalam nanas
Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar