Laman

Jumat, 05 September 2014

Cara teknik Perbanyakan tricoderma

Pak sani ,master2
boleh di share donk perbnyakan trico,khususnya yg cair.
Stiap perbnyakan slalu gagal
SukaSuka ·  · 
  • Sani Hipoci Cianjur Teknologi Perbanyakan Trichoderma
    1. Kumpulkan bahan baku berupa alang-alang (dipotong-potong halus) + serbuk gergaji + dedak (1 : 1 : 1) dalam waskom ditambahkan air hingga batas atas permukaan, selanjutnya direndam (inkubasi) selama 24 jam.
    2. Keesok
    an harinya, media ditiriskan hingga tidak ada air yang menetes. Masukkan media kedalam kantong plastic.
    3. Siapkan dandang untuk sterilisasi media. Isi dandang dengan air sebanyak 1/3 volume dandang, dan masukkan media kedalam dandang. Selanjutnya sterilkan media selama 2-3 jam setelah air mendidih. Aplikasi di Konawe Selatan menggunakan drom bekas sehingga mampu sterilisasi bahan dalam jumlah banyak.
    4. Pindahkan dan tiriskan media pada terpal plastic yang bersih (sebaiknya terpal plastic disemprot dengan Alkohol 70-96%).
    5. Ratakan permukaan media dengan ketebalan 1-5 cm, dan biarkan media hingga dingin. Sambil menunggu dinginnya media, starter Trichoderma yang masih dalam kemasan tabung, disuspensi dengan cara diencerkan dengan air yang telah dimasak atau air mineral merk AQUA sebanyak 50-100 ml.
    6. Semprot suspensi isolate jamur Trichoderma pada media
    7. Masukkan media ke dalam kantong plastic kompos (warna hitam), lalu fermentasi selama 7 hari. Ruang penyimpanan untuk fermentasi diusahakan minim cahaya, dengan suhu berkisar 25-27oC.
    8. Amati pertumbuhan jamur Trichoderma. Jika tampak berwarna hijau Jamur Trichoderma sudah mulai tumbuh.
    9. Jika pertumbuhan jamur belum merata, lanjutkan fermentasi 7 hari lagi.
    Cara Aplikasi Trichoderma
    1. Aplikasi dipembibitan dilakukan dengan cara mencampurkan kurang lebih 10g (1 genggaman) media Trichoderma pada media tanam tanah+pasir+pupuk kandang (1 : 1 : ¼) dalam polybag. 
    2. Aplikasi di Pertanaman. Aplikasi Trichoderma di pertanaman akan membatasi/mempersempit ruang penyebaran pathogen penyebab PBPB secara alami. Dosis penggunaan Trichoderma pada tanaman lada adalah 10 g/tanaman dengan cara ditebar di sekeliling tanaman, dan ditutup dengan serbuk gergaji dan potongan alang-alang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar