Laman

Jumat, 05 September 2014

Seputar Abu Gosok

Assalamualaikum sobat NSO
Terutama kang Sani Hipoci Cianjur apakah ada diantara kawan2 yg mengetahui kandungan Abu sekam bekas pembakaran Bata Merah ? Dan manfaatnya selain untuk Abu Gosok ? Adakah bisa dimanfaatkan dalam pertanian ?
Mohon dibantu , trima kasih hatur nuhun matur nuwun
  • Anda dan 4 lainnya menyukai ini.
  • Sani Hipoci Cianjur Sedangkan kandungan kimia dari abu hasil pembakaran sekam padi adalah seperti yang tercantum pada tabel berikut:
    Komposisi Abu Sekam Padi Komponen % Berat
    SiO2 86,90 – 97,30
    K2O 0,58 – 2,50
    Na2O 0,00 – 1,75
    CaO 0,20 – 1,50
    MgO 0,12 – 1,96
    Fe2O3 0,00 – 0,54
    P2O5 0,20 – 2,84
    SO3 0,10 – 1,13
    Cl 0,00 – 0,42
    (http://digilib.unimed.ac.id/.../UNIMED-Undergraduate...)

    Abu sekam memiliki fungsi mengikat logam berat, penjernih air, . Selain itu sekam berfungsi untuk menggemburkan tanah sehingga bisa mempermudah akar tanaman menyerap unsur hara di dalamnya. sehingga masih tetap terlu campuran media lain dalam media tanaman tersebut. bagus di campur dengan kompos.
    sekam ada dua jenis yang dipakai untuk tanaman hias, pertama yang hangus 50% untuk media tanam atau dicampur, tapi untuk semai bibit, adenium missalnya kurang baik, kedua yang hangus 100% ini baik untk media atau campuran dan juga baik untuk semai, lebih steril, soal kelembaban saat membuat tidak perlu diperhatikan, tapi saat aplikasinya ketanaman asal jangan becek aja. semua tanaman bisa tumbuh baik dg sekam bakar, keuntungan pakai media tanama sekam bakar adalah steril, poros, banyak unsur hara, ringan untuk mobilisasi, tapi harganya terbilang mahal, karena proses pembuatanya memakan waktu dan bahan bakar yang banyak.
    Juga, bahan organik dan merupakan kompos bagi tanah. yang namanya bahan organik itu berfungsi memperbaiki sifat tanah dan membantu mengikat unsur nitrogen, fospor, dan kalium (NPK) dalam tanah agar tidak lari kemana2 karena kalo unsut2 tsb lari, tanaman akan kekurangan. tanpa tanahpun dia akan berfungsi menahan unsur2 tadi, makanya tanaman bisa hidup jika ditanam di sekam atau abu sekam.
    tapi ingat, kandungan unsur hara sekam itu tak sebanyak yang ada di pupuk buatan, maka penggunaan yang terbaik adalah dengan mencampur antara kompos (misalnya sekam) dan pupuk buatan, dengan intensitas sesuai kebutuhan tanah.
  • Sani Hipoci Cianjur memberikan manfaatdalam peningkatan hasil tanaman kedelai pada ta-nah masam melalui teknologi penggunaan abu je-rami padi dan inokulasi Rhizobium. Selain itu jugaakan mengurangi kebutuhan pupuk nitrogen untuktanaman kedelai. (majalah pertanian)
  • Sani Hipoci Cianjur penelitian lain dari beberapa universitas pencampuran Abusekam dengan Phospat alam bisa menggantikan pupuk KCL dan TS36. yang lainya mencampurkan dengan Pupuk ZA.
  • Sani Hipoci Cianjur info lainnya jaman dulu bubuk bata ini suka digosokan pada gigi, walhasilnya gigi orang zaman dahulu kuat2.
  • Yana Drahmat Penjelasan kang Sani Hipoci Cianjur mantap sekali, hatur nuhun kang
  • Esha Deka klo di aplikasikan ke kolam kira2 apa yg terjadi kang, klo bisa menjernihkan air kolam lele bagus jg atuh kang
  • Esha Deka mau sy coba kang, hasilnya nanti sy posting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar