Laman

Sabtu, 14 Mei 2016

Ragi

jenis mikroorganisme yang terdapat dalam ragi adalah Chlamydomucor oryzae, Rhizopus oryzae, Mucor sp., Candida sp., Saccharomyces cerevicae, Saccharomyces verdomanii, dan lain-lain (Syarief, 2011). Ragi tape merupakan populasi campuran mikroba yang terdapat beberapa jenis yaitu genus Aspergillus, genus Saccharomises, genus Candida, genus Hansnula, sedang bakterinya adalah Acetobacter (Widodo, 2011). Dijelaskan lebih lanjut bahwa Aspergillus dapat menyederhanakan amilum, sedangkan Saccharomyces, Candida dan Hansnula dapat menurunkan gula menjadi alkohol dan bermacam-macam zat organik lainnya. Acetobacter mengubah alkohol menjadi cuka.
Ragi juga dikenal sebagai probiotik alternatif yang bisa terjangkau oleh seluruh kalangan masyarakat. beberapa percobaan ragi juga bisa dijadikan fermentator untuk pakan ternak dan hasilnya lumayan meningkatnya bobot.
Ragi pernah seorang master mengungkapkan menggunakan probiotik ragi ini sebagai herbisida organik. hanya dengan pencairan 1 : 10 akan menjadikan efek untuk membunuh rumput/gulma. akan tetapi lama tapi pasti lama jadi kembali...
sedangkan kandungannya kebanyakan protein dan glukosa serta vit B.
Mari kembangkan kembali dengan diskusi... he... he....
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar