Laman

Jumat, 19 Desember 2014

mengenai Buah maja/Berenuk

Kuliah Pagi Pesanan Ibu Sri Yatini mengenai Buah maja/Berenuk
monggo ditambahi.... diskusi
Nama ilmiah : Aegle marmelos Correa.
Nama daerah : maja (Sunda); maja, maja galepung, maja gedang, maja pait, maos (Jawa); bila, bila gedang, bila peak (Madura); wabiila (Sumba Timur); dilak (Timor).
Nama asing : beal fruit (Inggris).
Buah Maja mempunyai rasa manis, harum, dan tajam di tenggorokan. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam maja di antaranya zat lemak dan minyak terbang yang mengandung linonen. Daging buah maja mengandung substansi semacam minyak balsem, 2-furocoumarins-psoralen, dan marmelosin (C13H12O). Buah, akar, dan daun maja bersifat antibiotik. Selain itu akar, daun, dan ranting digunakan untuk mengobati gigitan ular.
Akar maja mengandung psoralen, anthotoxin, o-methylscopoletin, scopoletin, decursinol, haplonine, dan aegelinol. Daun maja mengandung a-limonene, 56%-a-8-phellandzene, sineol, 17% cyrnene, citonellol, citiol, 5% cumin aldehyde, alkaloids, o-(3,3-dimethylallyl)-halfordinol, n-2-ethoxy-2-(4-methoxyphenyl) ethylcinna-mide, n-2-methoxy-2-(4-3,3-dimethyalloxy) phennyl, ethylcinnamamide. Namun, daun disebutkan dapat menyebabkan aborsi dan steril bagi wanita. Sementara ranting digunakan sebagai racun ikan/mulusikida. Tanin yang digunakan dalam jangka waktu lama bersifat antinutrisi dan menyebabkan kanker.
Hasil percobaan di Pusdiklat menunjukkan bahwa penggunaan buah maja sebagai pupuk cair dan pestisida nabati ini cukup efektif.
pengalaman saya dalam pengaplikasian buah maja/berenuk ini bisa dibuat POC Mol dan Pestisida.
Pestisida
Buah maja mengandung saponin dan tannin yang mempunyai manfaat dalam pengendalian hama tanaman kakao yang ramah lingkungan dan ekonomis. Buah maja juga bepotensi digunakan sebagai pengendali hama tanaman perkebunan lainnya seperti Helopeltis pada tanaman kakao dan Hypothenemus hampei pada tanaman kopi. pada sawah bisa mengatasi hama tikus, wereng, walangsangit, kepinding, orok2, ganjur, kumbang, dsb.
Caranya
Siapkan Buah Maja sekitar 2 buah, lalu buka dan ambil bagian dalamnya. selanjutnya siapkan kunyit dan sabun colek satu sendok teh.... paling bagus jika diaplikasikan dengan biji mahoni, jaringau, dan tuba....
POC MOL
Maja atau berenuk dalam pembuatan MOL adalah pengganti Gula jadi ga usah beli gula.
MOL Iwung= 1 kg Iwung (tumbuk/dicacah)+1 butir Maja+ 10 liter Air cucian beras. fungsinya untuk petumbuhan dan pestisida terhadap tikus dan hama lainnya.
MOL Gamal + Mindi= 2 kg campuran Gamal dan Mindi + 1 butir Maja+ 10 liter Air cucian beras. fungsinya untuk pertumbuhan dan pestisida.
MOL Kelapa= 3 liter air kelapa + 1 butir Maja + 10 liter air beras. fungsinya pengsi bulir padi dan pemupukan masa generatif.
MOL Sayuran = 1 kg sayuran + 1 butir buah maja + 10 liter air beras. fungsinya untuk pemupukan bulir padi.
Mol Pisang = 2 kg Umbi Pisang + 1 Butir Buah Maja + 10 liter Air Beras. fungsinya perbaikan struktur tanah, Pemupukan Generatif, dan anti penyakit bakteri.
yang lainya banyak tapi ini dulu.... semoga bermanfaat
Suka ·  · 

1 komentar:

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan pestisida organik untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus