Laman

Senin, 14 April 2014

Kuliah Dan Arja Buah Kersen

Buah kersen mengandung zat-zat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kandungan buah kersen antara lain setiap 100 gram kersen mengandung air (77,8 gram), protein (0,384 gram), lemak (1,56 gram), karbohidrat (17,9 gram), serat (4,6 gram), abu (1,14 gram), kalsium (124,6 miligram), fosfor (84 miligram), besi (1,18 miligram), karoten (0,019 gram), tianin (0,065 gram), ribofalin (0,037gram), niacin (0,554 gram), dan vitamin C (80,5 miligram). Adapun nilai energi yang dihasilkan 380 KJ/100 gram.
"Kandungan itu membuat buah kersen banyak bermanfaat bagi tubuh manusia. Masyarakat dulu sering menggunakan buah kersen sebagai obat untuk mengatasi asam urat," kata Suhardjono.
Daun kersen juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, antara lain sebagai antitumor, karena mengandung senyawa tanin, flavonoids, dan saponin. Rebusan daun kersen menjadi antiseptik dan antiflamasi atau antiradang.
Penggunaan daun kersen untuk menurunkan kadar gula penderita diabetes sudah dilakukan sejak lama. Beberapa ilmuwan yang meneliti daun kersen mengetahui, daun kersen mengandung senyawa kimia golongan saponin dan flavonoid. "Senyawa golongan flavonoid dapat bekerja sebagai antioksidan, sehingga bisa menyekresi hormon insulin yang diperlukan untuk metabolisme gula," ujar pria kelahiran Ambarawa itu.
untuk kegunaan pupuk, buah memiliki hormon sitokinin dan giberin yang fungsinya untuk pemunculan bunga dan perkembangan buah.
daunnya berfungsi sebagai pestisida nabati untuk mengatasi hama gudang....
penggunaan sama dengan pembuatan MOL... atau zpt air kelapa.... bahan = air beras 5 liter.. gula putih 1/4 kg.... buah kersennya 1 kg.... kalo ada MOL/ROTAN/EM 1 liter.... fermentasi selama 7 hari.... aplikasi 250 pertangki... sedangkan pestisida.... tumbuk campur dengan kunyit dan sabun colek sesendok teh.... gunakan 1 liter untuk satu tanki...

1 komentar: