Laman

Rabu, 25 Juli 2012

Pemetaan potensi wilayah di Desa Gekbrong


Wilayah Desa Gekbrong memiliki potensi yang beragam yang belum di kembangkan baik oleh lembaga swadaya ataupun pemerintah. Mereka kebanyakan mengungkapkan hanya sebagai klaim dari beberapa pihak pemerdayaan, yang pada aslinya pengembangan tidak mempunyai arah atau dampingan yang tepat. Sejak kedatangan CSR PT. Tirta Investama, pertama kali mereka sangat curiga bahkan tidak mau dijadikan alat dari pihak manapun, dikarenakan mereka trauma akan pemanfaatan pada mereka. Tapi ada yang berbeda dengan pengembangan yang dibawa atau yang diungkapkan oleh CSR. Kata mereka mengungkapkan persentasi yang diungkapkan oleh CSR sangat membimbing mereka bahkan memotivasi mereka untuk berkembang. Oleh karena itu, mereka tertarik bukan pada bantuan yang akan mereka dapatkan kelak akan tetapi bimbingan serta pembinaannya.
Adapun perkembangan dalam perjalanan dan bincang-bincang dengan masyarakat sekitar maka didapatkan potensi sebagai berikut;
1.       Kampung Jati, merupakan daerah yang berada di atas PT. Tirta Investama, letaknya dekat dengan PUSKESMAS Kecamatan Gekbrong. Kebanyakan dari penduduk berprofesi sebagai petani dan buruh tani/ buruh pabrik. Adapun bidang pertanian yang ada adalah perikanan, Palawija, Pertanian Sawah, dan berbagai peternakan. Akan tetapi di kampung tersebut terdapat potensi berupa UKM, karena didaerah tersebut terdapat UKM tanaman Hias, dan UKM Baju, Kopiah, dan aneka boneka.
2.       Kampung Lapang, merupakan daerah diatas sebelah kanan atau sebelah utara pabrik AQUA. Kebanyakan penduduk berprofesi sebagai petani dan peternak. bahkan peternak pada umumnya yang dikenal di Desa Gekbrong, karena mereka sangat ulet dalam memelihara ternak khususnya domba. Akan tetapi tidak menutup akan potensi UKM. Di sana pedamping menemukan ada pengrajin buat kurung, dinding atau ayaman bilik, dan pembuatan kue.
3.       Kampung Bangkuong, masih tetangga Kampung Lapang, merupakan perbatasan antara desa Gekbrong dan Desa Kebon Peuteuy. Terletak di atas sebelah utara pabrik AQUA. Memiliki potensi pemuda yang sangat banyak serta bergerak dibidang pertanian dan peternakan. Wilayah tersebut terdapat pesantren dan tokoh ulama yang sangat disegani se Cianjur-Sukabumi. Selain itu, terdapat perkebunan teh dan cengkeh milik warga dan bagian atasnya kebanyakan dari penduduknya bercocok tanam pada palawija. Pada bidang kerajinan terdapat pengrajin kandang atau kurung.
4.       Kampung Pasir Tulang, merupakan daerah yang terletak dibawah pabrik AQUA. Potensi yang ada di kampung tersebut adalah potensi peternakan. Yang terkenal adalah pada bidang peternakan ayam pelung.
5.       Kampung Pajagaan, merupakan masih satu ke Rw-an dengan Pasir Tulang. Memiliki potensi baik secara tempat ataupun pertanian bahkan peternakan kelincinya. Potensi tempat maksudnya buat adventure baik berupa wisata pertanian atau ajang permainan shot gun. Dalam UKM nya terdapat pembuatan bumbu instan. Di lain pihak terdapat potensi juga dalam pembibitan tanaman hutan kayu.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar