Laman

Selasa, 30 April 2013

Pelatihan Pemasaran dan Marketing


Mempunyai usaha mesti tahu mengenai pasar, konsumen (pangsa pasar), serta klasifikasi produk. Strategi serta ketepan waktu dalam pemasaran sangat dibutuhkan. Pangsa pasarpun mesti diketahui karena  penentuan harga harus melihat pangsa pasar (siapa yang menjadi konsumen).  Pengharapkan dengan pelatihan, petani terbuka untuk mengakses informasi pasar sehingga tidak tertipu oleh tengkulak lokal.  Selain itu, para petani dan KWT bisa mengembangkan pada olahan hasil pertanian.
Pada tanggal 19 April 2013, bertempat di Kp. Pajagaan di Madrasah Mesjid At-Taqwa Desa Gekbrong. Acara ini, dihadiri oleh peserta anggota HIPOCI yang mempunyai usaha dan perwakilan dari setiap kelompok. Acara ini terselenggara atas CSR PT. Tirta Investama dan HIPOCI Kec. Gekbrong. salah satu komitmen dari CSR selain sebagai respon sosial juga sebagai pendukung perekonomian desa. Pelatihan ini di tutori oleh Bapak pak Ujang dari kebon pedes Kabupaten Sukabumi.  
Acara ini di desain dengan partisipasi ditambah pembicaranya merupakan petani yang sudah sukses. sehingga petani pun tidak ragu-ragu untuk bertanya dan mengungkapkan usaha apa yang akan dikembangkan. di sela-sela acara pembicara pun mengungkapkan harus solidnya organisasi HIPOCI. Permasalahan kedepan tak mungkin di atasi terus oleh pendamping, oleh karena itu anggota HIPOCI harus bisa mandiri secara organisasi, tandas pak ujang.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar