Laman

Jumat, 10 Oktober 2014

Cengkeh

Mau bahas lagi ah... tanaman bahan aktif Eugenol, eugenol acetat, jenis Fungisida, Bakterisida, Organisme sasaran Phytophtora spp, Fusarium sp, Sclerotium spp, Pseudomonas spp, Xanthomonas spp.
Cengkeh
(Syzygium aromaticum, (Linn.) Merr.)
Sinonim :
Syzygium Perry. Eugenia caryophyllata, Thumberg. E.caryophyllus, Sprengel. Caryophyllus aromaticus, Linn. Jambos carryhophyllus, Spreng.
Familia :
Myrtaceae
Uraian :
Cengkeh (Syzygium aromaticum) termasuk jenis tumbuhan perdu yang dapat memiliki batang pohon besar dan berkayu keras, cengkeh mampu bertahan hidup puluhan bahkan sampai ratusan tahun , tingginya dapat mencapai 20 -30 meter dan cabang-cabangnya cukup lebat. Cabang-cabang dari tumbuhan cengkeh tersebut pada umumnya panjang dan dipenuhi oleh ranting-ranting kecil yang mudah patah . Mahkota atau juga lazim disebut tajuk pohon cengkeh berbentuk kerucut . Daun cengkeh berwarna hijau berbentuk bulat telur memanjang dengan bagian ujung dan panggkalnya menyudut, rata-rata mempunyai ukuran lebar berkisar 2-3 cm dan panjang daun tanpa tangkai berkisar 7,5 -12,5 cm. Bunga dan buah cengkeh akan muncul pada ujung ranting daun dengan tangkai pendekserta bertandan. Pada saat masih muda bunga cengkeh berwarna keungu-unguan , kemudian berubah menjadi kuning kehijau-hijauan dan berubah lagi menjadi merah muda apabila sudah tua. Sedang bunga cengkeh keringakan berwarna coklat kehitaman dan berasa pedas sebab mengandung minyak atsiri. Umumnya cengkeh pertama kali berbuah pada umur 4-7 tahun. Tumbuhan cengkeh akan tumbuh dengan baik apabila cukup air dan mendapat sinar matahari langsung. Di Indonesia , Cengkeh cocok ditanam baik di daerah daratan rendah dekat pantai maupun di pegunungan pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.
Proses formulasi pestisida nabati secara sederhana:
1) Penyediaan bahan dan alat
Daun biji tanaman yang mengandung pestisida nabati, air bersih, sabun colek, alat penghalus, kain saringan halus, batang pengaduk, serta corong.
2) Cara proses formula.
a. Ambil daun, biji dll sesuai dengan jenis tanaman yang mengandung pestisida disekitar lokasi pengendalian OPT sasaran sebanyak 5 kg. keringkan kemudian tumbuk halus.
b. Bahan diayak supaya halus dan tambahkan air bersih sebanyak 9 liter pada wadah yang bersih, selanjutnya tambahkan sabun colek ± 10 grm, aduk sampai rata.
c. Biarkan suspensi selama 2 hari, aduk lagi sampai rata. Saring dengan kain halus pada wadah/derigen.
d. Sediaan formula pestisida nabati sebanyak 10 liter siap digunakan.
3) Cara aplikasi
Formula yang sudah tersedia diambil sebanyak 1-1,5 liter, tuangkan kedalam wadah yang telah terisi air sebanyak 18,5-19 liter. Aduk dengan rata lalu semprotkan ke bagian tanaman secara rata
penyakit tanaman yang bisa diatasinya adalah
Xanthomonas spp, Pseudomonas spp, Sclerotium spp, Phytophtora spp, dan Fusarium sp (patek).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar