Laman

Kamis, 06 Februari 2014

Singkong rata2 20-25 kg per pohon dan Jahe 1 rumpun (1-2 rimpang benih) Rata2 10 kg By: Manjel Dech

Singkong


Singkong rata2 20-25 kg per pohon
pola yang ayah pakai spt ini :buat lobang 50x50x50 cm, kemudian masukan trichompos/pupuk organik sebanyak 2kg campurkan dengan tanah biarkan selama 1 minggu, minggu selanjutnya kocordengan roma, siapkan stek panjang 25-30 cm ujung yg mau ditanam direndam denganrotan+pgpr+zpt selama 1 hari, siram dengan poc urine pada hari ke 7 HST,selanjutnya setiap sebulan sekali kocor poc urine+zpt auxin+sitokinin+pgprsampai bulan ke 5, bulan ke 6 sampai bulan ke 10 kocor dengan POC urine+zptsitokinin+giberelin+mol sabut kelapa .. hasilnya rata2 20-25 kg per pohon

jahe

Wahyu DhewaSaputraInibertanamnya menggunakan resepnya ayah, tapi belum bisa aplikasi semua, berharaptanam bulan feb sudah aplikasi semua.. Dari poc, rotan, roma, tricoderma, zpt..
Hanyayg sedikit saya utik di pembuatan rotan, karena waktunya mepet ragi saya gantistarter +penambahan batang pisang, serabut kelapa.. daun kelor, ujung pohonturi, kecambah,

Untukroma saya tambah buah kecubung, tanaman jenuh( yg biasanya dipakai meracun ikandi sungai), +buah kecubung, dan daun bunga matahari..

untukpersemaian sama resepnya, hanya tidak dipotong dulu, menghindari gangguan daribangsa lelembut..

Mediapersemaian serabut kelapa,pop,tanah pasir.. Tiap pagi disiram air, sore haripoc rotan+zpt sitokinin, giberilin..
Insyaallah1 minggu tunas baru muncul min 5cm..
Pindahmedia ke polybag kecil..
Disini2 minggu sebelum tanam, tiap hari perlakuan sma, pagi kocor air, sore semprotpoc rotan+zpt..
Mediadi polybag tanah pop pasir.. 3:2:1

Persiapanlahan 3 minggu sebelumnya, bersamaan waktunya dengan jahe masuk polybag..
Setelahlahan dicangkul saya kocor roma..
1minggu kemudian di kocor poc rotan,tricoderma..
1minggu kemudian pencampuran tanah+pod, dibiarkan juga 1minggu..

Perlakuanlahan setelah ditanami..
Semprotpoc rotan +zpt (saya dosisnya 2x lipat, kadang juga air saya ganti urinekambing / air leri yg sudah difermentasi )..
Penyemprotan1 minggu 2x sampai usia 2 minggu.. Setelah itu 1 minggu 1x..
Penyemprotanrotan dan roma perbandingan 2:1

Sampaisaat ini tanaman jahe saya yg angkatan pertama baik2 saya, belum ada indikasipenyakit(berharap tidak ada)tingginya juga ngga naham ada yg sudah 1m lebih,persentase gulma hanya 5%..
Ohiya kalau batang sudah sebesar rokok kretek dan muncul tunas baru , sayalakukan pengurangan ujung2 batang dan daun dan melakukan pengurukan..
Sudahsampai sini dulu ya pak, karena saya dengan cara ini belum pernah panen.. Ygsudah pernah manen dengan cara semi tradisional, menghasilkan 2kg saja(denganperawatan dan pemupukan seadanya)
Kalaudengan cara ini saya pasang target 2x lipat.. Astungkara..

Manjel Dechtambahandikit, setelah umur 5-6 bulan maka komposiisi pupuk yg mengandung posfor duakali lipat. salah satunya bisa diambil dari batang pisang/pelepah pisang. inidimaksud tuk menggenjot pembesaran rimpang. Jika perlakuan benar hasil ygpernah di dapat 1 rumpun (1-2 rimpang benih) mendapatkan 10 kg rata2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar