Laman

Sabtu, 29 Maret 2014

Cangkang Telur

Kuliah Pesanan siapa.... OK KITA BAHAS MENGENAI SAMPAH YANG BERMANFAAT UNTUK KITA BUAT PUPUK....
berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya didapatkan hasil bahwa cangkang telur yang telah kering memiliki beberapa kandungan makro dan mikro yang baik untuk kesuburan tanaman, diantaranya kalsium karbonat, fosfor, magnesium, natrium, kalium, seng, mangan, besi dan tembaga, dimana kandungan kalsium merupakan kandungan tebesar di antara unsur lainnya. Dan kandungan kalsium yang cukup besar tersebut berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai pupuk organik bagi tanaman.
Sedangkan manfaat kalsium pada tanaman adalah untuk merangsang pembentukan bulu akar, mengeraskan batang tanaman, dan merangsang pembentukan biji. Kalsium pada daun dan batang berkhasiat menetralkan senyawa yang mengganggu kesehatan tanaman.
tips pemanfaatan cangkang telur sebagai pupuk organik tumbuhan:
1. Cangkang telur yang tidak digunakan lagi dijadikan satu di suatu wadah atau tampah.
2. Keringan cangkang telur dengan cara dijemur, pastikan cangkang telur benar-benar dalam kondisi kering agar lebih mudah untuk diproses dalam tahapan berikutnya. Jika anda memilii oven, cangkang telur juga dapat di oven agar didapatkan hasil kering yang merata dan baik.
3. Cangkang telur yang telah kering tadi, anda hancurkan, semakin hancur maka semakin baik.
4. Setelah dihancurkan, kulit telur sudah dapat langsung digunakan, baik sebagai campuran media tanah atau sebagai taburan di sekitar tumbuhan pot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar