Laman

Sabtu, 29 Maret 2014

Unsur MAKRO Karbon....

Kuliah hari ini yang ringan tapi merupakan dasar dari pertanian... hendaknya diperhatikan..... Unsur MAKRO Karbon....
Kononova (1966) dan Schnitzer (1978) membagi bahan organik tanah menjadi 2 kelompok, yakni: bahan yang telah terhumifikasi, yang disebut sebagai bahan humik (humic substances) dan bahan yang tidak terhumifikasi, yang disebut sebagai bahan bukan humik (non-humic substances) Kelompok pertama lebih dikenal sebagai “humus” Kelompok kedua meliputi senyawa-senyawa organik seperti karbohidrat, asam amino, peptida, lemak, lilin, lignin, asam nukleat, protein.
BOT memiliki peran penting dalam menentukan peran tanah dan tanaman. Bahan organik yang ditambahkan ke dalam tanah akan menyediakan zat pengatur tumbuh tanaman yang memberi keuntungan bagi pertumbuhan tanaman. Zat tersebut antara lain : Carbon, Vitamin, asam amino, auksin, giberelin.
Fakta Singkat Karbon
Nomor atom: 6
Massa atom: 12,011 g/mol
Elektronegativitas menurut Pauling: 2,5
Kepadatan: 2,2 g/cm3 pada 20 °C
Titik lebur: 3652 °C
Titik didih: 4827 °C
Radius Vanderwaals: 0,091 nm
Radius ionik: 0,26 nm (-4); 0,015 nm (4)
Isotop: 3
Energi ionisasi pertama: 1.086,1 kJ/mol
Energi ionisasi kedua: 2.351,9 kJ/mol
Energi ionisasi ketiga: 4.618,8 kJ/mol
Ditemukan oleh: orang jaman prasejarah
Sejarah mencatat 2.500 tahun sebelum masehi Herodatus telah berusaha meneliti penyebab menurunnya produksi tanaman secara terus-menerus di lahan yang sama. Selain itu, dia juga ingin mengetahui penyebab meningkatnya produksi setelah tanah ditambahi kotoran ternak.
Karbon yang digunakan oleh tumbuhan berasal dari karbondioksida (CO2) yang ada di udara. Karbondioksida merupakan hasil respirasi (pernapasan manusia) atau pembakaran sempurna zat-zat organik. Karbon berfungsi untuk membentuk karbohidrat, lemak, dan protein yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Selain itu, berfungsi untuk membentuk selulosa yang merupakan dinding sel dan memperkuat bagian tanaman. Unsur karbon juga bisa menciptakan rasa dan wangi pada air yang terdapat di dalam buah dan bunga serta membentuk warna daun dan bunga.
kadar unsur Karbon menentukan kesehatan tanah... semakin sehat tanah semakin bagus tanaman semakin bagus hasinya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar